Rabu, 01 Mei 2013

Rangkaian Inverter 12V DC Ke 220V AC (MOSFET)

Rangkaian Inverter 12V DC Ke 220V AC (MOSFET)
Rangkaian inverter pada artikel kali ini merupakan rangkaian inverter DC 12 volt ke AC 220 volt menggunakan transformer tanpa CT. Rangkaian inverter DC ke AC ini dibuat menggunakan transistor power jenis MOSFET sebagai power switching rangkaian inverter tersebut. Rangkaian inverter ini dapat digunakan untuk menyalakan lampu 220v dengan sumber tegangan berupa batere atau accumulator 12 volt DC. Output untuk rangkaian inverter DC ke AC seperti pada gambar rangkaian dibawah merupakan gelombang kotak, sehingga dapat digunakan untuk menyalakan lampu pijar 220V dengan baik. Rangkaian lengkap inverter DC ke AC dapat dilihat pada gambar berikut.

Rangkaian Inverter 12V DC Ke 220V AC (MOSFET)

 




Dari rangkaian inverter DC ke AC dengan MOSFET diatas terdapat beberapa komponen TTL yang berfungsi sebagai pembangkit gelombang kotak. Frekuensi kerja rangkaian inverter DC ke AC diatas ditentukan oleh rangkaian oscilator, dan frekuensi kerja rangkaian dapat di set atau diatur menggunakan trimpot VR1.
Tegangan output rangkaian inverter DC ke AC diatas ditentukan oleh terminal primer transformer yang digunakan, pada rangkaian diatas tegangan output inverter DC ke AC dapat dipilih antara 220 volt dan 110 volt. Pemilihan tegangan output rangkaian inverter tinggal memilih terminal primer transformer yang digunakan.
Rangkaian inverter DC ke AC dengan MOSFET seperti ditunjukan pada gambar diatas cukup sederhana dan dapat dibuat dengan PCB matrik (PCB lubang) untuk IC. Tata letak dan jalur pengkabelan dari rangkaian inverter DC ke AC MOSFET pada rangkaian diatas dapat disusun dan dirangkai seperti pada gambar berikut.

Tata Letak PCB Rangkaian Inverter 12V DC Ke 220V AC (MOSFET)





1 komentar: